Cari Blog Ini

Minggu, 10 Juli 2011

Pengaruh Perluasan Merek (Brand Extension) dan Kualitas Pelayanan (Service Quality) Terhadap Citra Perusahaan (Corporate Image) Perbankan Syariah, Survei Nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Bogor

ABSTRAK
  
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya perbankan konvensional yang melakukan perluasan merek (brand extension) dengan membuka Unit Usaha Syariah (UUS) maupun Bank Umum Syariah (BUS) untuk melayani transaksi syariah yang mulai berkembang saat ini. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui deskripsi tentang brand extension, service quality dan corporate image Bank Syariah Mandiri Cabang Bogor, 2) untuk menguji secara empiris pengaruh brand extension dan service quality terhadap corporate image Bank Syariah Mandiri Cabang Bogor. Penelitian ini menggunakan metode Frequency Analysis untuk analisis deskriptif dan Structural Equation Modelling (SEM) dengan Maximum Likelihood Estomator (MLE) untuk analisis eksplanatori (causal research). Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 160 orang yang merupakan nasabah Bank Syariah Mandiri cabang Bogor. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa brand extension berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap corporate image, hal ini menunjukkan bahwa citra Bank Syariah Mandiri cabang Bogor saat ini tidak dipengaruhi oleh citra Bank Mandiri sebagai brand induk. Sedangkan service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap corporate image, dengan koefisien pengaruh sebesar 28.09%


Kata kunci        :       Brand extension, Service Quality, Corporate image, dan    Structural Equation Modelling (SEM).